Iklan, Slogan, dan Poster
![]() |
Ilustrasi Pengiklan (Sumber: Freepik.com) |
1.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang
membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
1.3 Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan
memotivasi) dari berbagai sumber.
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat :
1.
mengidentifikasi ciri
dan informasi pada teks iklan, slogan, atau poster dengan tepat.
2.
menyimpulkan informasi
dan pesan dalam teks iklan, slogan, atau poster dengan tepat.
B.
Uraian Materi
1. Pengertian
Iklan, Slogan, dan Poster
a.
Iklan
Iklan merupakan
salah satu media informasi yang digunakan untuk memberitahukan kepada khalayak
tentang suatu produk/barang/ dan atau jasa, menawarkan barang dan/atau jasa,
bersifat membujuk atau mendorong warga masyarakat untuk membeli barang dan/atau
jasa yang ditawarkan.
Macam-macam iklan:
Iklan Penawaran: Disusun dengan menggunakan kata-kata pilihan yang berkonotasi baik, memikat, dan sugestif.
Iklan Pengumuman: Bertujuan untuk memberitahukan atau mengumumkan sesuatu kepada khayalak ramai.
Iklan Reklame: Disusun dengan menggunakan media di tempat terbuka sehingga mudah dilihat khalayak ramai. Kalimat reklame biasanya memuji produk dengan semboyan dan bersifat sugestif.
b.
Slogan
Slogan adalah perkataan atau kalimat
pendek yang menarik dan mudah diingat untuk memberitahukan/menjelaskan tujuan
atau visi suatu ideologi golongan, organisasi politik, atau perusahaan. Bersifat untuk membangkitkan semangat suatu prinsip hidup. Biasanya dipasang dalam ruangan, tempat umum, atau tempat strategis lainnya
Contoh slogan
(1)
hidup berdampingan secara damai
(2)
menjalin persatuan dan kesatuan. (slogan tvri)
(3)
berjuang dengan ikhlas (slogan depag)
c.
Poster
Poster
adalah plakat (kata-kata dan gambar) yang dipajang di tempat- tempat umum.
Poster hampir sama dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide, hal baru, atau
hal penting kepada khalayak. Poster mengandalkan perpaduan gambar dan kata-kata.
Poster biasanya
dipasang ditempat-tempat umum yang dinilai strategis seperti sekolah, kantor,
pasar, mall dan tempat-tempat keramaian lainnya. Informasi yang ada pada poster
umumnya bersifat mengajak masyarakat. Poster hampir sama dengan iklan ataupun slogan dalam hal bahasanya.
Poster menggunakan kata-kata singkat, jelas, menarik, dan lengkap.
2. Ciri-Ciri
dan Tujuan Iklan, Slogan, dan Poster
a.
Ciri-ciri Iklan
1)
Isi berupa pengenalan barang atau produk dan
atau jasa
2)
Bahasa persuasive, bersifat membujuk atau
mendorong seseorang untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang
ditawarkan
3)
Bersifat komersial
4)
Sasaran iklan adalah masyarakat semua usia
atau usia tertentu sesuai produk dan atau jasa yang ditawarkan
5)
Menggunakan media cetak, audio,
audiovisual
6)
Unsur-unsur iklan meliputi gambar, gerak,
suara, kata-kata
7)
Tujuan iklan untuk memasarkan produk ata
jas
b.
Ciri-ciri Slogan
1)
Isi berupa pengaruh, imbauan, motivasi,
atau bersifat memengaruhi, mengimbau, memotivasi, menyadarkan masyarakat
tentang sesuatu yang harus segera dilakukan atau ditindaklanjuti
2)
Slogan dapat berbentuk kalimat, klausa, atau
frasa.
3)
Pilihan kata singkat, jelas, padat,
menarik, komunikatif, bersifat persuasive.
4)
Slogan dapat berupa semboyan suatu
organisasi ataupun kelompok masyarakat.
5)
Sasaran slogan adalah semua orang.
6)
Slogan bersifat social dan menginspirasi seseorang
atau sekelompok orang, bahkan masyarakat luas untuk mengingatkan atau berbuat
sesuatu yang positif dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.
7)
Menggunakan media cetak, media visual.
8)
Unsur-unsur slogan meliputi gambar dan
kata-kata.
9)
Slogan bertujuan untuk menyampaikan
infomasi, mengimbau, memengaruhi, dan memotivasi orang lain.
c.
Ciri-ciri Poster
1)
Langsung menarik perhatian Ketika terlihat
orang karena warna kontras.
2)
Menggunakan Bahasa yang padat, singkat,
jelas, dan mudah dipahami.
3)
Mengandung kalimat-kalimat persuasive atau
bersifat ajakan.
4)
Menggunakan gambar/sketsa/lukisan dan
perpaduan warna.
5)
Dapat meninggalkan kesan mendalam meskipun
dibaca sambil berlalu.
6)
Jika menggunakan kata-kata, maka isi
singkat, padat, tidak bertele-tele.
7)
Dipasang di lokasi yang strategis di
tempat umum.
8)
Terdiri atas huruf, angka, symbol, atau
gambar atau pengombinasiannya.
9)
Didesain di atas sebuah kertas atau kain,
atau videotron.
10)
Poster bertujuan untuk memberikan informasi,
mengajak, dan mengimbau orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai yang
digambarkan atau dituliskan pada poster tersebut.
3. Unsur-unsur
iklan, slogan ataupun poster
a. Iklan : gambar kata-kata, gerak, suara
b. Slogan : kata-kata dan suara
c. Poster : gambar dan kata-kata
4. Unsur-unsur
pembentuk iklan, slogan ataupun poster:
Adapun maksud iklan itu sendiri dapat kamu pahami
secara lebih lengkap berdasarkan unsur-unsur pembentuknya, yang meliputi
sumber, pesan, media, penerima, efek, umpan balik, dan konteks.
a.
Sumber
adalah pemasang iklan, yang berinisatif, dan penyandang dana dari pemasangan
suatu iklan..
b.
Pesan
adalah informasi yang disampaikan. Wujudnya bisa berupa pesan verbal dan pesan
nonverbal.
c.
Media
adalah sarana yang digunakan, misalnya media cetak, elektronik, dan
sarana-saran lainnya.
d.
Penerima
adalah individu atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran atau objek iklan.
e.
Efek
adalah perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam aspek sikap,
pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.
f.
Umpan
balik adalah tanggapan, reaksi, atau respons yang dikehendaki dari penerima
pesan, misalnya dengan membeli produk yang ditawarkan dan menolak pemakaian
narkoba.